Review OPPO Find N3: HP 30 Jutaan, Cek Kelebihannya

OPPO Find N3 adalah HP lipat yang menawarkan desain elegan, layar besar, performa kencang, dan kamera canggih.

SPEKGaming.com - OPPO Find N3 adalah smartphone lipat terbaru dari OPPO yang resmi dirilis di Indonesia pada November 2023.

Smartphone ini jadi penerus OPPO Find N2 yang hanya tersedia di pasar China.

OPPO Find N3 menawarkan beberapa fitur unggulan, seperti layar lipat AMOLED LTPO berukuran 7,8 inci, prosesor Snapdragon 8 Gen 2, dan kamera belakang berteknologi Hasselblad.

Apakah HP dengan banderol Rp30 jutaan ini layak untuk dibeli? Berikut ulasan kami tentang OPPO Find N3.

Desain dan Layar

OPPO Find N3 dibekali desain elegan dan premium dengan bodi berbahan stainless steel dan kulit vegan.

Smartphone ini tersedia dalam dua pilihan warna, Emas Berkilau dan Hitam Klasik.

Emas Berkilau memiliki bodi belakang kaca yang berkilau, sedangkan Hitam Klasik punya bodi belakang kulit yang nyaman digenggam.

Kedua warna menampilkan modul kamera elips yang besar dan mencolok, sehingga jadi ciri khas tersendiri bagi OPPO Find N3.

Terlepas dari itu, HP ini memiliki mekanisme lipatan ke dalam, seperti buku.

Saat dilipat, OPPO Find N3 bakal menampilkan layar depan AMOLED berukuran 6,2 inci resolusi 2268 x 832 piksel dengan refresh rate 120 Hz.

Layar ini dapat digunakan untuk aktivitas sehari-hari, seperti menelpon, mengirim pesan, atau membuka aplikasi.

Selain itu, ada kamera selfie 32 MP yang tersembunyi di bawah layar (under-display camera).

OPPO Find N3 adalah HP lipat yang menawarkan desain elegan, layar besar, performa kencang, dan kamera canggih.
Layar OPPO Find N3

Ketika dibuka, OPPO Find N3 bakal menunjukkan layar utama Foldable AMOLED LTPO berukuran 7,8 inci, resolusi 2268 x 2440 piksel degan refresh rate 120 Hz.

Layar ini mendukung 1,07 miliar warna dan cakupan gamut warna NTSC 97 persen, cocok buat menonton video, bermain game, atau multitasking. Tanpa kamera selfie, layar utama juga menambah pengalaman full screen yang imersif.

Salah satu kelebihan OPPO Find N3 adalah layar utamanya minim bekas lipatan. OPPO mengklaim, layar tersebut dapat dilipat hingga 1 juta kali tanpa mengalami kerusakan.

OPPO juga menggunakan teknologi hinge canggih, yang membuat proses lipat-buka smartphone terasa mulus dan nyaman.

Performa dan Baterai

OPPO Find N3 ditenagai prosesor Snapdragon 8 Gen 2, salah satu chipset terbaru dan terkencang dari Qualcomm.

Chipset ini memiliki CPU octa-core dengan kecepatan hingga 2,84 GHz, GPU Adreno 730, dan modem Snapdragon X65 5G, serta mendukung fitur-fitur seperti AI Engine, Spectra 680 ISP, dan Quick Charge 5.

Berbekal dapur pacu tersebut, OPPO Find N3 dapat menjalankan berbagai aplikasi dan game secara lancar dan tanpa lag.

Adapun HP ini juga memiliki RAM 16 GB dan penyimpanan internal 512 GB, yang memberikan ruang yang luas untuk menyimpan data dan file. Sayangnya, tidak ada slot microSD, sehingga Anda tidak dapat menambah kapasitas penyimpanannya.

Berpindah ke baterai, OPPO Find N3 punya kapasitas 4.500 mAh, mampu bertahan sekitar satu hari pemakaian normal.

Smartphone ini juga mendukung pengisian cepat SuperVOOC 3.0 65W untuk mengisi baterai dari 0 hingga 100 persen dalam waktu kurang dari satu jam.

Adapun smartphone ini turut mendukung pengisian nirkabel AirVOOC 40W, yang dapat mengisi baterai dari 0 hingga 100 persen dalam waktu sekitar satu jam dan 20 menit.

OPPO Find N3 adalah HP lipat yang menawarkan desain elegan, layar besar, performa kencang, dan kamera canggih.
OPPO Find N3

Kamera

OPPO Find N3 dibawai tiga kamera belakang yang bekerja sama dengan Hasselblad, perusahaan kamera profesional asal Swedia.

Kamera utama resolusinya 50 MP, dengan sensor Sony IMX766, lensa wide-angle, aperture f/1.8, dan optical image stabilization (OIS).

Kamera ini dapat menghasilkan foto detail, tajam, dan berwarna natural, dengan fitur-fitur seperti HDR, night mode, dan portrait mode.

Sementara itu, kamera kedua punya resolusi 50 MP, dengan sensor Sony IMX766, lensa ultra-wide-angle, aperture f/2.2, dan autofokus.

Kamera ini dapat menghasilkan foto dengan sudut pandang luas hingga 120 derajat tapi minim distorsi. Kamera tersebut juga bisa dipakai untuk mode macro, mengambil foto objek dengan jarak minimal 4 cm.

Adapun Kamera ketiga memiliki resolusi 13 MP, dengan lensa telephoto, aperture f/3.0, dan OIS. Kamera ini menghasilkan foto dengan zoom optik hingga 3x, dan zoom digital hingga 30x, dengan kualitas yang masih baik.

Kamera tersebut juga dapat digunakan untuk mode portrait, menghasilkan efek bokeh halus dan natural.

Fitur-fitur kamera lain dari OPPO Find N3 yakni dual-view video, slow motion, time-lapse, panorama, dan pro mode.

Ada juga mode Hasselblad Pro yang memberikan kontrol manual penuh atas pengaturan kamera, seperti ISO, shutter speed, white balance, dan lainnya.

Mode ini dapat menyimpan foto dalam format RAW, memberi fleksibilitas lebih saat editing.

Kesimpulan

OPPO Find N3 adalah smartphone lipat yang menawarkan desain elegan, layar besar, performa kencang, dan kamera bagus.

Ponsel ini cocok untuk Anda yang menginginkan pengalaman baru dalam menggunakan smartphone, dengan fitur-fitur canggih dan inovatif.

Namun,HP ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti harga yang mahal, tidak adanya slot microSD, dan ketersediaan terbatas.

Jika ertarik untuk membeli OPPO Find N3, Anda dapat memesannya secara online di situs resmi OPPO Indonesia dengan harga Rp 29.999.000.

Indeks Artikel Terkait: